Cara Pemakaian Helm Safety yang benar akan memberikan perlindungan bagi kepala Anda. Daerah kerja seperti di tambang minyak, pabrik pupuk, pabrik kimia, proyek pembangunan gedung dan lainnya biasanya menetapkan Helm Safety sebagai alat pelindung diri yang wajib. Karena potensi resiko yang berasal dari atas kepala banyak terdapat di lingkungan kerja seperti itu. Dalam menggunakan Helm Safety, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya :

  1. Sebelum digunakan, telitilah bahwa Helm tersebut dalam kondisi baik untuk digunakan, pas dan nyaman di kepala Anda (Tidak longgar dan tidak terlalu sempit), tidak rusak dan cacat.
  2. Gunakan Helm Safety di kepala dengan benar (Tidak miring, tidak terlalu dongak, menunduk sehingga menutupi pandangan, atau terbalik.
  3. Jika berada pada tempat yang tinggi dan kondisi berangin, Chain Strip harus digunakan untuk menghindari Safety Helmet yang dikenakan terbang karena tiupan angin kencang.

Dalam penggunaannya, Helm Safety sering terjadi insiden seperti benturan atau tertimpa benda yang jatuh. Setelah terjadi insiden, biasanya Helm Safety mengalami kerusakan. Sekecil apapun kerusakan yang terjadi, Helm Safety harus diganti dengan yang baru. Jangan menggunakan Helm Safety yang sudah mengalami cacat atau kerusakan.

Penggunaan Helm Safety yang masih bagus pun ada batasannya. Rata-rata umur pakai sebuah Helm Safety adalah 5 (Lima) Tahun, namun ini sangat tergantung kepada bahan yang digunakan untuk membuat Helm Safety tersebut. Setiap produsen Helm Safety akan mencantumkan batas maksimum pemakaian pada Helm Safety tersebut. Periksalah dengan teliti, perlu juga menjadi perhatian kita adalah membersihkan Helm Safety setelah digunakan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rusaknya material akibat kotoran yang menempel. karena bisa saja kotoran tersebut adalah bahan kimia, minyak atau atau Solvent yang dapat memicu rusaknya bahan dasar pembuatan Helm Safety tersebut.

 

Baca Juga :

Kecetit

Mengenal Helm Safety dengan Warnanya

Pentingnya P3K Selama Mudik Lebaran

Tips Pentingnya Membawa Perlengkapan Medis Untuk Futsal

 

Cara Menggunakan dan Fungsi Helm Safety

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp