HELM SAFETY1

Helm Safety

Berikut ini adalah beberapa warna Helm Safety yang mencerminkan posisi atau jabatan seseorang disuatu proyek, antara lain:

  • Helm Safety warna putih biasanya dipakai oleh manajer, pengawas, insinyur, mandor.
  • Helm Safety warna biru biasanya dipakai oleh Site Supervisor, Electrical Contractor atau pengawas sementara.
  • Helm Safety warna kuning biasanya dipakai oleh Sub Contractor atau pekerja umum.
  • Helm Safety warna hijau biasanya dipakai oleh pengawas lingkungan.
  • Helm Safety warna pink (Merah muda) biasanya dipakai oleh pekerja baru atau magang.
  • Helm Safety warna Orange biasanya dipakai oleh tamu perusahaan.
  • Helm Safety warna merah biasanya dipakai oleh Safety Officer yang bertanggung jawab untuk memeriksa sistem keselamatan sudah terpasang dan berfungsi sesuai dengan standard yang ditetapkan.

Atas dasar faktor klasifikasi inilah yang menyebabkan beberapa orang meletakkan Helm Safety berwarna putih di depan/belakang kaca kendaraan mereka sebagai simbol pekerjaannya, namun ada juga orang yang sekedar ikut-ikutan tanpa mengetahui alasan dan tujuan orang lain meletakkan Helm Safety disitu. Contohnya : Orang lain meletakkan Helm Safety berwarna putih, dia juga ikut meletakkannya walaupun helmnya berwarna kuning.

Sebenarnya klasifikasi perbedaan warna Helm Safety ini belum jelas asal usulnya dari mana. Mungkin hal ini berlaku setelah banyak orang yang mengartikan dan menerapkan hal tersebut sehingga menjadi suatu tradisi.

Biasanya klasifikasi warna Helm Safety tersebut berbeda atau tidak berlaku di setiap negara bahkan di setiap site / Proyek. Contohnya para pekerja di pertambangan minyak, orang yang memakai Helm Safety berwarna kuning adalah divisi / unit Operation Department yang dianggap unit paling penting dan terdiri dari engineer yang ahli.  Maka bagi mereka Helm Safety berwarna kuning adalah status atau kelas yang paling tinggi, sementara di tempat Construction, Helm Safety berwarna kuning adalah golongan paling rendah yaitu pekerja umum termasuk Cleaner.

Sebenarnya fungsi utama dari Helm Safety tersebut untuk melindungi kepala agar terhindar dari kejatuhan barang dan lainnya. Begitu juga dengan Safety Boot yang perlu kita gunakan ketika berada di area proyek konstruksi untuk melindungi kaki. Sebaiknya pilih Safety Boot yang ujung dan alasnya berlapis dengan besi untuk menghindari sepatu tersebut tembus ketika kaki kita menginjak benda tajam.

 

Baca Juga :

Pentingnya P3K Selama Mudik Lebaran

Tips Pentingnya Membawa Perlengkapan Medis Untuk Futsal

Cara Menggunakan dan Fungsi Helm Safety

Kecetit

 

 

Mengenal Helm Safety Dengan Warnanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp