Tidak jarang kita mengalami atau menemukan orang yang mendapat gigitan dari binatang beracun atau sengatan serangga beracun, seperti : lebah, kumbang, tawon, kelabang, kalajengking, laba-laba, dll. Akibat dari gigitan atau sengatan tersebut bisa sangat berbahaya. Jika Anda menemukan orang yang digigit atau disengat serangga atau hewan beracun, ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai bentuk tindakan pertolongan pertama pada korban, yaitu :

Sengatan Lebah, Kumbang atau Tawon Kemit

Jika ada yang tersengat oleh lebah maka segera ambil sengatnya atau entup dengan jarum, peniti atau pisau,. Siramlah bagian yang terkena sengat dengan air dingi untuk mengurangi rasa sakit dan memperlambat penyebaran racunnya atau kompreslah dengan es. Selain itu usapkan lotion Calamine karena dapat mengurangi rasa gatal yang ditimbulkannya.

Bila sengatan ini dilakukan oleh sekelompok lebah atau serangga lainnya, rendamlah korban dalam kubangan air dingin yang didalamnya telah dilarutkan soda masak sebanyak 1 (Satu) sendok untuk 1 (Satu) liter air.

Pada kasus orang yang alergi terhadap sengat maka akibat sengatan tersebut akan mengakibatkan reaksi hebat. Untuk itu segeralah bawa korban ke rumah sakit terdekat. Selama dalam perjalanan ke rumah sakit, kompreslah badannya dengan es dan berikan Antihistamnie (Obat Alergi ) seperlunya.

 

Sengatan Laba-laba Beracun, Kalajengking, Kelabang

Langkah-langkah pertolongan pertamanya adalah :

  1. Suruhlah korban yang terkena sengatan tersebut berbaring dengan tenang,
  2. Selimuti korban dengan kain. Mungkin akan muncul warna kemerah-merahan sebagai akibat dari sengatan tersebut, bersamaan dengan tanda-tanda lain, seperti : kejang-kejang pada perut dan otot, demam, berkeringat, rasa mual dan muntah-muntah, rasa sakit, panas dan berdenyut dapat menjalar ke seluruh tubuh.
  3. Tempatkan es diatas tempatan sengatan guna memperlambat penyebaran racun. setelah itu panggillah dokter untuk melakukan penanganan selanjutnya.

 

P3K Sengatan Binatang atau Serangga Beracun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp