Dalam peristiwa ketika seseorang mengalami shock karena tersengat arus listrik atau yang awam disebut “Kesetrum”, maka diperlukan langkah hati-hati, tapi sebisa mungkin dilakukan dengan cepat. Ini dikarenakan setiap hal yang berhubungan dengan arus listrik mempunyai konsekuensi yang mengundang bahaya.

Langkah-langkah yang harus dilakukan sebagai pertolongan pertama kepada orang yang tersengat arus listrik adalah :

  1. Memutuskan hubungan korban dengan sumber listrik. Setelah pengamanan tingkat pertama telah dilakukan, langkah-langkah selanjutnya dengan mempertimbangkan lokasi dimana kejadian tersebut berlangsung. Bila kejadiannya didalam rumah, segeralah untuk melepaskan Steker yang mengalirkan arus listrik ke alat atau benda yang menghubungkannya dengan korban, atau dapat juga melepaskan sekering utama.
  2. Bila terjadi di luar rumah atau ruangan, yang dilakukan adalah memisahkan tubuh korban dari benda yang menjadi penghantar arus listrik, misalnya kawat, kabel dengan menggunakan galah atau cabang kayu kering. Jangan melakukan pemisahan tersebut dengan menggunakan alat yang terbuat dari logam. Pergunakan pakaian atau tali yang kering untuk menarik kawat listrik dan korban,
  3. Dalam melakukan semua tindakan tersebut, Anda harus berdiri di lantai atau di atas tanah kering, yang Anda sentuh hanyalah bahan yang kering dan tidak mempunyai potensi sebagai penghantar arus listrik. Jangan sekali-kali menyentuh tubuh korban sebelum arus listrik benar-benar telah diputuskan.

Sementara untuk kejadian pinsan yang diakibatkan sambaran petir dan shock arus listrik, periksalah apakah korban masih dapat bernafas atau tidak dan mengetahuinya dapat dengan memeriksa urat nadinya.

Bila kondisinya sangat memerlukan, lakukan pernafasan buatan dan mulut atau melakukan teknik kardio. Setelah itu segera cari bantuan medis. Bila korban harus diangkat, sebelum melakukannya sebaiknya periksa apakah korban mengalami patah kaki atau luka dalam.

Penanganan P3K Saat Tersengat Arus Listrik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp