Penyakit asma sering kita temui terhadap orang yang berada di sekitar kita. Misalnya teman, saudara atau orang lain yang mungkin Anda kenal. Penyakit ini sangat menyiksa penderitanya, karena si penderita kesulitan untuk bernafas normal. Bagi yang baru melihat orang yang sedang kambuh penyakit asmanya, mungkin akan kebingungan cara mengatasinya. Maka dari itu perlu dipelajari lebih lanjut tentang penyakit asma agar kita memiliki pengetahuan lebih jauh tentang penyakit ini.

Penderita penyakit asma biasanya memiliki saluran penafasan yang sangat sensitif terhadap sesuatu. Asma dapat terpicu terhadap udara dingin, debu, bulu binatang, Dll yang mengakibatkan saluran nafas yang sensitif menjadi menyempit dan menyebabkan jalan keluar masuknya udara menjadi kurang lega. penyakit ini bersifat sementara dan dapat menyerang siapa saja, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

 

Penyebab Penyakit Asma

Ada dua faktor yang menjadi penyebab penyakit asma, faktor ini dapat datang dari dalam maupun dari luar. Sebenarnya penyebab [enyakit ini belum diketahui pasti, namun ada beberapa hal yang dapat memicu penyakit asma.

 

Faktor dari Dalam

  1. Penyakit Keturunan

Penyakit asma merupakan penyakit keturunan, misalnya jika Anda mengetahui teman Anda atau siapa saja yang mengidap penyakit asma, dapat dipastikan ia mewarisi penyakit ini dari orang tuanya maupun kakek atau neneknya.

 

Faktor dari Luar

  1. Lingkungan

Lingkungan merupakan salah satu faktor penyebab penyakit asma. Jika memiliki penyakit ini dan sering berada di lingkungan berdebu, kotor dan kurang nyaman, maka penyakit asma tersebut lebih mudah terpicu sehingga bagi Anda yang mengidap penyakit ini seharusnya lebih memperhatikan lingkungan disekitar Anda.

Misalnya saja, anak-anak yang memiliki penyakit ini, usahakan untuk tidak bermain dengan hewan-hewan seperti kucing atau hewan lain yang memiliki bulu-bulu halus. Jauhkan juga dari boneka-boneka yang memiliki bulu halus seperti hewan yang disebutkan diatas.

 

2. Makan dan Minuman

Makanan dan minuman juga dapat memicu kambuhnya penyakit asma. Beberapa makanan yang sangat buruk dan tidak disarankan untuk mengidap penyakit asma yaitu makanan yang mengandung MSG tinggi, mengandung pengawet, minuman yang bersifat dingin.

 

3. Udara Dingin

udada dingin merupakan salah satu pemicu penyakit asma. misalnya AC, ruangan yang terlalu dingin juga dapat memicu asma. Mengendarai kendaraan bermotor di malam hari tanpa mengenakan jaket juga sangat berbahaya bagi pengidap penyakit ini.

 

Gejala Penyakit Asma

Penyakit ini membuat para penderitanya sangat tidak nyaman, selain itu orang yang melihat ketika penyakit ini kambuh akan merasakan panik. Berikut ini adalah beberapa gejala asma ketika menyerang.

  1. Ketika bernafas terdapat bunyi lenguhan,
  2. Nafas pendek,
  3. Terasa sesak ketika bernafas karena penyempitan saluran nafas,
  4. Hal itu sering terjadi ketika cuaca dingin,
  5. susah bernafas, biasanya terjadi ketika malam hingga menjelang pagi.

 

Dengan mengetahui gejala dari penyakit ini diharapkan para pengidap penyakit ini dapat lebih menyadari tentang hal-hal pemicu terjadinya penyakit asma. Anda juga dapat menulis tempat, waktu dan hal yang menyebabkan penyakit asma terpicu sehingga nantinya dapat lebih waspada. Bawalah selalu alat yang dapat membantu Anda utnuk mengatasi penyakit ini bila sewaktu-sewaktu kambuh kembali.

Alat ini sering disebut Inhaler (Obat Semprot). Anda juga dapat memprediksi kambuhnya penyakit ini menggunakan alat yang bernama Peak Flow Meter. Sering-seringlah berkonsultasi dengan Dokter pernafasan sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir jika kambuh. Selain cara-cara menghindari dan mengobatinya menggunakan cara diatas, Anda juga dapat mengobatinya dengan cara tradisional sebagai Berikut :

 

Cara mengobati Asma Menggunakan Dedaunan

Siapkan daun seledri 3 tangkai, daun randu 9 lembar, garam dan gula aren secukupnya. Tumbuk daun seledri dan daun  randu hingga halus, kemudian ambil airnya dan letakkan ke dalam gelas. Campur dengan garam dan gula aren, ditambah dengan air hangat, kemudian aduk hingga merata. minumlah ramuan ini 3 kali sehari yaitu pada pagi, siang dan malam ketika akan tidur.

 

Pengobatan Asma menggunakan Bawang dan Madu

Bawang dan madu juga dapat membantu meminimalisir terpicunya penyakit asma. Caranya yaitu siapkan 5 siung bawang putih dan satu sendok makan madu asli. Iris bawang putih menjadi kecil-kecil dan rebus dengan segelas air. Biarkan mendidih hingga air menjadi setengah gelas.

Campurkan dengan madu asli dan aduk secara merata. Minumlah ramuan ini setiap pagi dan sore, lakukan sesering mungkin hingga penyakit asma Anda tidak kambuh lagi.

 

Penyebab Penyakit Asma, Gejala dan Cara Mengobati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp