Segala hal yang sebaiknya dilakukan disaat kita cedera atau keseleo beserta metode yang dapat digunakan untuk mengatasinya.

 

Cedera Muskuloskeletal (Terkilir/Keseleo)

Dikalangan medis dikenal kata “Trauma” yang digunakan untuk mendefinisikan suatu kejadian yang disebabkan oleh benturan, api, zat kimia, Dll. Sebagai contoh : memar yang merupakan Trauma akibat benda tumpul atau luka sayat Trauma akibat benda tajam. Keseleo atau Sprain juga merupakan salah satu jenis Trauma yang kerap dijumpai sehari-hari.

Menurut pengertiannya, Sprain adalah robekan atau regangan Ligamen (jaringan ikat yang mengaitkan dua atau lebih tulang pada sebuah sendi) akibat terpelintir, jatuh, atau tekanan pada tubuh yang mengakibatkan tulang pada sendi bergeser hingga membuat Ligamen menjadi renggang atau robek.

Sprain dapat terjadi pada seluruh anggota tubuh manusia, namun bagian yang paling sering mengalami keseleo adalah pergelangan kaki. Tercatat lebih dari 25.000 kasus Sprain pada pergelangan kaki terkadi setiap harinya.

Biasanya Sprain ditandai dengan bengkak, nyeri, memar, dan ketidak mampuan menggerakkan sendi. walaupun demikian, gejalanya tergantung dengan seberapa parahnya Sprain yang dialani. Pada dasarnya pengobatan Sprain bertujuan untuk mengurangi nyeri dan bengkak yang terjadi. Langkah yang harus dilakukan pada tahap awal (24-28 Jam) adalh prinsip RICE (Rest, Ice, Compression, Elevation), yakni :

 

Rest (Istirahat)

Sebaiknya kurangi aktivitas saat mengalami Sprain,. Jangan letakkan beban pada daerah yang mengalami cedera selama 48 Jam. Gunakan alat bantu penyangga tubuh dari kayu atau besi yang biasa disebut Crutch untuk mengurangi beban pada cedera.

 

ICE (Es)

Masukkan es yang sudah hancur ke kantung plastik lalu letakkan kantung di daerah yang mengalami cedera selama maksimal 2 Menit, untuk menghindari cedera akibat dingin.

 

Compression (Penekanan)

Lakukan penekanan di daerah yang mengalami cedera untuk mengurangi terjadinya pembengkakan. Perban plastik dapat digunakan untuk melakukan penekanan. Balutan dimulai dari dari area yang paling jauh dengan jantung ke arah jantung.

 

Elevation (Peninggian)

Usahakan posisi daerah yang cedera lebih tinggi dari jantung. Bila cedera terjadi pada pergelangan kaki, maka letakkan bantal dibawahnya agar pergelangan kaki lebih tinggi dari jantung. Tindakan ini bertujuan untuk mengurangi pembengkakan.

Walaupun keseleo dapat ditangani sendiri namun beberapa kondisi tertentu membutuhkan penanganan Dokter, seperti :

  1. Rasa sakit yang berlebihan bahkan sendi yang cedera tidak dapat digunakan untuk menahan beban sedikitpun,
  2. Adanya memar dan bengkak pada sendi,
  3. sendi tidak dapat digerakkan,
  4. hanya mampu berjalan 4 langkah tanpa rasa sakit,
  5. Terasa sendi bergeser ketika akan digerakkan,
  6. Sendi yang cedera seperti baa,
  7. Jika Anda ragu, segera periksakan ke Dokter untuk memastikan serius tidaknya cedera yang dialami.

vale 8

Pertolongan Pertama Karena Cedera

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp