Pada umumnya hampir semua orang pernah mengalami luka bakar pada kulit, baik itu luka bakar yang sifatnya berat maupun luka bakar ringan yang diesbabkan oleh panas knalpot, terkena percikan api, tersiram air panas. Penanganan awal luka bakar sangat menentukan proses penyembuhan berikutnya.

Luka bakar adalah merupakan suatu kecelakaan yang sering terjadi baik di rumah tangga, kantor, maupun di jalan. Sudah menjadi pandangan yang biasa terjadi di masyarakat dan lingkungan sekitar kit, jika melihat Pertolongan Pertama yang diberikan kepada penderita Luka Bakar dengan menggunakan odol atau Pasta Gigi yang dioleskan tepat pada area Luka Bakar tersebut, tanpa melihat terlebih dahulu seberapa parah Luka Bakar yang terjadi pada kulit. Pemberian odol atau Pasta Gigi pada Luka Bakar sebenarnya adalah sebuah pertolongan yang tidak tepat, bahkan hal tersebut adalah pertolongan yang salah.

Karena sesungguhnya dalam kandungan Odol atau Pasta Gigi terdapat kandungan Mint yang dapat menyebabkan kulit menjadi semakin melepuh. Namun tidak jarang masyarakat awam masih menggunakan cara ini untuk memberikan pertolongan pertama pada penderita Luka Bakar. hal tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi kesehatan yang diberikan oleh Petugas Kesehatan kepada masyarakat, kebiasaan masyarakat yang membenarkan hal yang biasa dilakukan, walaupun sesungguhnya hal tersebut adalah salah besar, karena menurut mereka hal ini adalah warisan pengetahuan yang diberikan sejak nenek moyang serta masih banyak faktor lainnya.

Untuk merawat pasien yang mengalami luka bakar dapat diberi asupan Vitamin dan Suplemen makanan agar luka lebih cepat kering.

 

Pertolongan Pertama pada Pasien Luka Bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp