Jika Anda sakit dan harus minum obat, kebanyakan obat boleh diminum setelah kita makan, tepatnya 30 Menit setelah kita selesai makan. Ternyata inilah alasan mengapa kita perlu makan terlebih dahulu sebelum minum obat.

 

1.Mengurangi Iritasi Perut

Beberapa jenis obat seperti Aspirin dan NSAID (Non-Steroidal Anti Inflammatory Drugs) lainnya memiliki efek samping yang dapat membuat iritasi di lapisan lambung.

Lapisan lambung disebut juga dengan mukosa, bagian ini terdapat di dalam perut dan bertugas untuk mencegah asam lambung yang dapat menghancurkan perut. Jika kita menelan obat tanpa makan terlebih dahulu, kita akan merasakan gangguan pada lambung.

Jika terus menerus dilakukan, dapat mengikis lapisan lambung hingga terluka. itulah sebabnya, kita perlu makan terlebih dahulu sebelum minum obat.

 

2. Agar Tidak Mual atau Muntah

Jenis obat yang digunakan untuk mengobati Asam Urat (Allopurinol) juga harus dikonsumsi setelah makan. Tujuannya adalah untuk untuk mencegah mual dan rasa tidak nyaman di tubuh kita.

 

3. Meningkatkan Penyerapan

Makan sebelum minum obat juga ternyata membantu penyerapan kandungan obat didalam tubuh. Obat yang diminum dapat lebih lama tinggal di dalam perut

Jika perut kita kosong, obat yang kita minum tidak terserap dengan benar dan terbuang percuma. Memang tidak semua obat harus diminum setelah makan. Jadi sebelum minum obat, Anda sebaiknya memperhatikan petunjuk dari dokter, karena beberapa jenis obat justru perlu diminum sebelum kita makan.

 

Baca Juga :

Bahan-bahan Alami yang Dapat Dijadikan Obat P3K

Dasar-dasar P3K yang Dapat Diajarkan Kepada Anak

Tempat Membuang Obat yang Sudah Kadaluarsa

7 Benda P3K Dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Alasan Mengapa Obat Harus Diminum Setelah Makan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp