Sebagai seorang yang sering berinteraksi dengan alam, entah itu sebagai seorang Pecinta Alam, Backpacker, Freelancer, Avonturir, ataupun penggiat Olahraga di Alam bebas, selalu memiliki resiko yang sangat tinggi, menghadapi keadaan yang membahayakan diri, seperti resiko tersasar, emnghadapi binatang buas, cedera ringan maupun berat dan paling memilukan adalah menghadapi resiko kematian.

Dikarenakan kondisi di alam bebas kadang tidak dapat diprediksi dan diduga apa yang akan terjadi di depan kita. Membuat sebuah perencanaan yang baik dengan mempersiapkan diri adalah salah satu hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi kondisi ketidak pastian di Alam bebas tersebut.

Perencanaan yang baik adalah membuat perencanaan perjalanan di alam bebas dengan memasukkan dan memperhitungkan potensi dan resiko menghadapi kondisi Survival, sehingga membekali diri dengan pengetahuan tentang Survival dan karakteristik alam yang akan digunakan untuk berkegiatan adalah suatu keharusan, disamping itu mempersiapkan diri secara fisik dan mempersiapkan peralatan standard, dan peralatan untuk Survival adalah sesuatu yang wajib untuk dibawa kemanapiun kita akan berkegiatan di alam bebas.

Jangan sampai membuat perencanaan pada saat sudah terjadi peristiwa (Kondisi Survival). Hal tersebut akan sangat menguras tenaga, pikiran dan menekan emosi serta perasaan, karena akan dihadapkan ketidak mampuan dan minimnya peralatan yang akan menopang kehidupan saat harus dihadapkan pada kondisi Survival.

Membaca dan mempraktekkan teknik-teknik bertahan hidup dalam manual ini dan menerapkan konsep-konsep dasar dalam Survival, serta mempertimbangkan lingkungan dimana akan beraktivitas, mempersiapkan Survival Kits, dan menggunakan imajinasi dalam menyusun Survival Kits, akan sangat membantu meringkas ataupun memadukan fungsi yang ada pada kondisi tertentu akan sangat membantu, selain dapat meringkas barang Survival Kits yang dibawa, juga akan semakin efisien dalam bertahan hidup. Dan pada akhirnya akan membawa Anda kembali pulang ke rumah.

 

Baca Juga :

Pentingnya Perencanaan dan Persiapan dalam Survival

Perlunya Perusahaan Mengadakan Training First Aid (P3K)

Pertolongan Pertama pada Anak yang Terkena Gigitan Anjing

5 Tindakan P3K yang Keliru

 

Pengetahuan Dasar Dalam Survival

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp