ANJING1

Memelihara anjing tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi keluarga pecinta anjing. Apalagi sebagai teman bermain, anjing dapat mengurangi stress anak.

Namun meskipun anjing tergolong binatang yang bersahabat, ada kalanya ia dapat melukai orang yang didekatnya. Bila merasa terancam, si guguk yang tadinya sangat ramah dapat menyerang bahkan menggigit siapapun yang baginya “Mengancam” ataupun “Membahayakan” dirinya. Masalahnya, ketidaktahuan anak-anak terhadap ini membuat mereka lebih beresiko terluka karena gigitan anjing peliharaan.

oleh karena itu, sebaiknya anak juga diberi pemahaman tentang perilaku binatang peliharaannya, termasuk anjing. Untuk mencegah anak terluka karena gigitan anjing, kenali ciri-ciri perubahan perilakunya. Bila sudah merasa terganggu, anjing akan menunjukkan ancang-ancang ketika ingin menggigit, seperti :

  1. Memperlihatkan gigi-gignya sambil menatap Anda dengan mengerang sengit,
  2. Rambut di bagian punggung anjing akan naik berdiri,
  3. Telinga akan bergerak mundur melawan kepala atau kedepan,
  4. Kaki dan ekor akan menegang.

 

Tak perlu panik dan segera berlalri. Diharapkan Anda tetap tenang, berdiri dengan tenang dan segera lindungi anak dan 1 (Satu) tangan lagi mengepal ke arah anjing. Usahakan tidak menatap mata anjing, karena akan dianggap sebagai tanda akan menyerangnya, lihatlah bagian lain dari tubuh anjing.Perlahan anjing akan lebih tenang, bila kita memperaktikkan cara ini dengan benar. ingat, jangan panik !

Tapi bila anak anda sudah terlanjur terluka akibat gigitan anjing, maka segeralah :

  1. Cuci luka tersebut dengan air hangat selama beberapa menit lalu basuh, bersihkan dengan kain ataupun kapas,
  2. jika luka berdarah, segera berikan obat antibiotik agar tidak infeksi, lalu setelah kering segera balut dengan kasa atau plester untuk luka. Sedangkan bila tidak keluar darah, maka tekan bagian luka agar mengeluarkan darah. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi dari bakteri yang masuk melalui luka.
  3. Untuk mencegah infeksi rabies, setelah melakukan pertolongan pertama, maka perlu meminta pertolongan medis untuk memastikan apakah luka ini perlu penanganan medis lebih lanjut atau tidak,

Informasi Syarat, Biaya, Jadwal, Alamat, Pendaftaran, dll . Training Pertolongan pertama : KLIK

Baca Juga :

5 Tindakan P3K yang Keliru

Pengetahuan Dasar Dalam Survival

Pentingnya Perencanaan dan Persiapan Dalam Survival

Perlunya Perusahaan Mengadakan Training First Aid (P3K)

 

 

Pertolongan Pertama Pada Anak Yang Terkena Gigitan Anjing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Silakan hubungi kami melalui WhatsApp untuk informasi lebih lanjut

Hubungi Kami melalui WhatsApp